Kedisiplinan Dalam Belajar


Kedisiplinan adalah salah satu faktor penting dalam pembelajaran. Mahasiswa yang kurang berprestasi bukan hanya di sebabkan oleh faktor kemampuan. Namun bisa juga di akibatakan karena tidak adanya kedisiplinan. Disiplin adalah suatu sikap dan perilaku dalam mematuhi segala aturan dalam bertingkah laku. Jika dikaitkan dengan belajar maka disiplin belajar adalah suatu sikap dan perilaku individu dalam mematuhi norma dan etika dalam belajar.

Selain memilki kemampuan dan kecakapan seorang mahasiswa bisa di katakan memilki komitmen jika ia selalu bersemangat dalam menjalankan kewajibannya sebagai mahasiwa. Seperti yang sudah dijelaskan di awal bahwa belajar adalah suatu proses. Sebuah proses belajar yang baik akan mengahasilkan output yang baik, jika mahasiswa selalu menankan kedisilinan untuk belajar di kampus dengan baik maka apa yang menjadi tujuan belajarnya akna mudah terwujud. Sudah menjadi kebiasaaan manusia suka melanggar aturan, tapi tidak bagi kita yang berakal sehat, yang mampu melihat efek yang akan ditimbulkan dari apa yang telah di lakukan. Jadi kedisiplinan begitu penting, maka sedini mungkin mahasiswa harus membiasakan diri untuk disiplin, meskipun awalnya itu akan sangat berat.

Ada dua faktor yang menyebabkan rendahnya kedisiplinan mahasiswa. Kedua faktor tersebut adalah faktor dari dalam diri dan faktor dari luar.

1. Faktor dari dalam diri

Faktor dari dalam ini yang paling menunjang adalah minat dan motivasi. Minat adalah motif yang dimiliki seseorang dalam melakukan suatu tindakan, sedangkan motivasi adalah suatu energi atau dorongan untuk melakukan minat. Jadi bisa di katakan bahwa minat dan motivasi adalah dua hal yang saling terkait. Jika mahasiswa tidak memiliki minat dan motivasi yang tinggi, maka akan sulit baginya mewujudkan suatu kedisiplinan belajar yang baik. Sesegera mungkin minat dan motivasi ini harus dipupuk. Ada banyak hal yang bisa memupuk minat dan motivasi, dan saya yakin setiap mahasiswa mengetahui hal tersebut, namun hanya saja mereka kurang menyadari. Mungkin salah satu alasan yang tepat kenapa mahasiwa harus mempunyai motivasi tinggi adalah “Di luar sana ada orang-orang yang mencintai kamu, dan akan selalu menerima kamu apa adanya, tanpa pernah berharap apapun dari kamu. Mereka hanya berharap dirimu menjadi orang yang lebih baik”.

2. Faktor dari lingkungan

Faktor lingkungan ini yang paling mendominasi, apalagi lingkungan pergaulan. Banyak kasus di lapangan menunjukkan banyak mahasiwa yang kurang disiplin cenderung di karenakan pengaruh dari lingkungan pergaulannya. Karena lingkungan pergaulan yang salah, akan sangat berdampak pada pola piker dan psikologis mahasiswa. Untuk itulah sebagai mahasiwa harus benar-benar selektif dalam bergaul. Selektif disini bukan berarti piih-pilih dalam pergaulan. tapi lebih condong mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan yang ada.

Dua contoh faktor di atas adalah sedikit dari faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya kedisiplinan belajar mahasiswa. Disiplin dalam kuliah itu meliputi beberape hal yaitu: Disiplin dalam belajar, disiplin dalam mengerjakan tugas, disiplin dalam kehadiran, disiplin dalam diskusi, disiplin dalam pembayaran administrasi dll. Untuk bisa sukses dalam belajar di kampus maka semua jenis kedisiplinan tersebut harus bisa di laksanakan dengan baik.

Berikut saya berikan contoh kasus seorang mahasiswa yang sudah sampai semester 14 tapi juga belum lulus.

“ Namanya sebut saja R, saat saya menulis buku ini dia masih kuliah dan masuk semester 14. Dia kuliah di salah satu perguruan tinggi negeri yang cukup terkenal di tanah air. Teman-temanya awalnya befikir bahwa dia tidak lulus karena kemampuan akademiknya rendah, namun anggapan tersebut salah, ketika dia mau mengerjakan tugas dengan sungguh-sungguh hasilnya bisa maksimal. Dia adalah anak orang kaya jelas, masalah pembiayaan kuliah tidak pernah jadi masalah. Orangnya juka sangat mudah bergaul dan ramah. Coba anda pikirkan kalau ada mahasiswa yang secara akademik dia baik, sosialnya bagus, biaya kuliah, saya yakin untuk bisa lulus tepat waktu itu bukan hal yang sulit. Tapi kenapa dia belum bisa lulus?.

Jawabanny sangat singlet dia tidak memilki kedisiplinan yang baik. Pada awal-awal kuliah dia sering bolos dan tidak mengerjakan tugas dengan baik, yang mengakibatkan beberapa mata kuliah nilainya tidak memuaskan. Dia sempat menyadari kesalahannya, hingga di semester pertengahan ia mulai berusaha untuk disiplin, tapi karena di awal sudah banyak nilai yang tdak memuaskan, maka mau tidak mau dia harus mengulang mata kuliah. Karena mengulang banyak mata kuliah, motivasi dan minat kuliahnya menurun, ia kuliah menjadi tidak serius dan jarang masuk. Keadaan ini ia biarkan sampai sekitar semester 8. Disemester 8 keadaan tidak semakin mambaik, ia sudah berusaha memperbaiki diri, tapi tidak bisa di lakukan dengan baik, karena ia tahu tidak mungkin bisa lulus tepat waktu. Keadaan ini membuat orang tuanya marah yang akhirnya menarik semua biaya kuliahnya. Keadaan ini semakin memburuk, minat dan motivasinya untuk melanjutkan kuliah semakin menurun, ia malah sama sekali seakan-akan tidak peduli dengan kuliahny sampai dia semester 14. Disemster ini ia harus bekerja super karena kalau tidak ia akan di keluarkan.

Dari narasi di atas saya menyimpulkan satu hal yang membuat R mengalami kendala dalam kuliahnya di akibatkan karna tidak adanya kedisiplinan. Seandainya dari awal ia mencoba untuk disiplin mungkin masalah yang ia hadapi tidak harus separah ini. Hal di atas harusnya bisa menjadi sebuah pelajaraan berharga bagi mahasiswa bahwa untuk mencapai hasil yang baik dalama kuliah maka dari awal kuliah sampai akhir kita harus disiplin dalam segala hal.

About these ads

Tentang Binham

Aku hanyalah manusia biasa yang setiap saat bisa saja berbuat salah, dari itulah aku akan selalu berusaha berbenah diri untuk menjadi lebih baik
Tulisan ini dipublikasikan di Kiat Sukses Belajar dan tag , , , . Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s