Peranan Peserta Didik Dalam Pendidikan


Dalam dunia pendidikan peserta didik berperan sebagai organisme yang rumit yang mempunyai  kemampuan luar biasa untuk tumbuh. Peranan peserta didik adalah belajar bukan untuk mengatur pelajaran. Peserta didik dituntut aktif belajar dalam rangka mengkontruksi pengetahuannya, dan karena itu peserta didik sendirilah yang harus bertanggung jawab atas hasil belajarnya. (Wahyudin, 2002).

Implikasi dari konsep perkembangan individu terhadap pendidikan antara lain:

  1. Sebab perkembangan individu semenjak lahir tidak mengalir ibarat aliran air melainkan berlangsung secara bertahap, yang mana setiap tahap perkembangan mempunyai sifatnya sendiri, memunculkan masalah atau krisis-krisis tertentu yang berbeda dari tahapan sebelumnya, setiap tahap mengandung tugas-tugas perkembangan tertentu yang harus diselesaikannya, yang mana jika tugas-tugas perkembangan pada tahapannya tidak diselesaikan dengan baik maka akan berakibat negatif terhadap perkembangan selanjutnya maka individu memerlukan pendidikan untuk dapat menyelesaikan tugas-tugas perkembangan sesuai tahap perkembangannya, dan sebab itu pula individu akan dapat didik.
  2. Dalam konteks ini maka pendidikan merupakan upaya membantu peserta didik untuk dapat menyelesaikan tugas-tugas perkembangan sesuai dengan tahap perkembangannya
  3. Tahap perkembangan peserta didik mengandung tugas-tugas perkembangan yang harus diselesaikannya, serta mengimplikasikan kemampuan dan kesiapan belajarnya. Karena itu, keberhasilan pendidik dalam melaksanakan peranannya akan dipengaruhi oleh pemahamannya tentang perkembangan peserta didik serta emampuan mengaplikasikannya dalam praktik pendidikan.
  4. Karena keberhasilan peserta didik menyelesaika tugas-tugas perkembangan pada tahapannya akan mempengaruhi keberhasilan penyelesaian tugas-tugas perkembangan pada tahap perkembangan selanjutnya maka pendidikan yang dilaksanakan menyimpang dari tahapan dan tugas-tugas perkembangan individu peserta didik. (Wahyudin, 2002)

Daftar Pustaka

Wahyudin, Dinn. 2002. Pengantar Pendidikan. Jakarta:Universitas Terbuka

 

About these ads

Tentang Binham

Aku hanyalah manusia biasa yang setiap saat bisa saja berbuat salah, dari itulah aku akan selalu berusaha berbenah diri untuk menjadi lebih baik
Tulisan ini dipublikasikan di Pendidikan dan tag , , . Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s