Prinsip-Prinsip Belajar


Menurut Slameto (2002: 27-28) calon guru atau pembimbing seharusnya sudah dapat menyusun sendiri prinsip-prinsip belajar, yaitu prinsip belajar yang dapat dilaksanakan dalam situasi dan kondisi yang berbeda, dan oleh setiap siswa secara individual. Prinsip-prinsip belajar itu sebagai berikut:

Berdasarkan prasyarat yang dilakukan untuk belajar

  1. Dalam belajar setiap siswa harus diusahakan partisipasi aktif, meningkatkan minat dan membimbing untuk mencapai tujuan instruksional;
  2. Belajar harus dapat menimbulkan reinforcement dan motivasi yang kuat pada siswa untuk mencapai tujuan instruksional;
  3. Belajar perlu lingkungan yang menantang dimana anak dapat mengembangkan kemampuannya bereksplorasi dan belajar dengan efektif;
  4. Belajar perlu ada interaksi siswa dengan lingkungannya.

Sesuai hakekat belajar

  1. Belajar itu proses kontinyu, maka harus tahap demi tahap menurut perkembangannya;
  2. Belajar adalah proses organisasi, adaptasi, eksplorasi dan discovery;
  3. Belajar adalah proses  kontinguitas (hubungan anatara pengertian yang satu dengan pengertian yang lain) sehingga mendapatkan pengertian yang diharapkan. Stimulus yang diberikan menimbulkan response yang diharapkan.

Sesuai materi atau bahan yang harus dipelajari

  1. Belajar bersifat keseluruhan dan materi itu harus memiliki struktur, penyajian yang sederhana, sehingga siswa mudah menangkap pengertiannya;
  2. Harus dapat mengembangkan kemampuan tertentu sesuai dengan tujuan instruksional yang harus dicapai.

Syarat keberhasilan belajar

  1. Belajar memerlukan sarana yang cukup, sehingga siswa dapat belajar dengan tenang;
  2. Repetisi, dalam proses belajar perlu ulangan berkali-kali agar pengertian/ketrampilan/sikap itu mendalam pada siswa.

Prinsip-prinsip belajar tersebut diatas dapat membantu siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Dengan tujuan agar siswa mampu mengatur waktu, membuat jadwal dan konsentrasi dalam mengikuti pelajaran sehingga akan membuahkan hasil yang maksimal.

Daftar Pustaka

Slameto. (2002). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

About these ads

Tentang Binham

Aku hanyalah manusia biasa yang setiap saat bisa saja berbuat salah, dari itulah aku akan selalu berusaha berbenah diri untuk menjadi lebih baik
Tulisan ini dipublikasikan di Pendidikan dan tag , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Prinsip-Prinsip Belajar

  1. mintarsih28 berkata:

    dan itu semua dibtuhkan pendidik yang berhati lapang, mas.

  2. nurul berkata:

    refrensinya bener kan???????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s