Aktif Dalam Diskusi


Diskusi adalah salah satu bentuk kegiatan yang dilaksanakan dalam bimbingan. Kegiatan diskusi kelompok merupakan kegiatan yang dilakukan dengan melibatkan lebih dari satu individu. Kegiatan diskusi kelompok ini dapat menjadi alternatif dalam membantu memecahkan permasalahan seorang individu. Di kampus diskusi menjadi salah sat metode pembalajaran yang cukup efektif untuk merangsang mahasiswa untuk berani mengungkapkan masalah untuk menyelesaikan yang di bahasa dalam diskusi.

Bagi sebagian mahasiswa metode ini sangat menyenangkan. Tapi tidak sedikit juga mahasiswa yang tidak menyukai metode pembelajaran diskusi, dan alasan mereka sangat klasik, mereka mengatakan kalau tidak bisa bicara atau sulit berbicara di depan kelas. Apapun keadaanya, terlepas dari suka dan tidak suka pembelajaran dengan metode ini paling sering dipergunakan dalam pembelajaran di kampus, bahkan hampir semua kampus dan fakultas ada metodi ini.

Berikut adalah hal yang perlu anda perhatikan dalam diskusi kelompok

Menjadi diri sendiri

Menjadi diri sendiri, tidak terpengaruh oleh orang lain adalah salah satu ciri orang yang mempunyai karakter.  Orang semacam ini tidak akan mudah terombang-ambing oleh keadaan, Mereka juga  cenderung apa tidak suka memihak. Dengan kata lain menjadi diri sendiri sangat penting, karena akan mengarahkan seseorang untuk lebih bisa mengenal kelebihan dan kelemahan diri.

Kualitas pembicaraan

Dalam diskusi kelompok anda tidak boleh terjebak dalam pembicaraan yang tidak berguna, mungkin anda memang kelihatan aktif tapi tidak produktif, itu sama juga bohong. Hal itu hanya akan membuat anda capek dan buang-buang tenaga. Selain itu anda hanya akan di anggap sok tahu oleh anggota diskusi yang lain. Untuk itu usahakanlah untuk berbicara yang bermutu dan hindari perkataan yang asal-asalan dan tidak bisa dipertanggung jawabkan.

Berikan kontribusi positif

Jika anda kehilangan kesempatan untuk berbiacara, maka hilang pula sebuah kesempatan anda untuk menunjukkan kelebehan yang anda punya. Setiap diskusi pasti memilki sebuah tujuan untuk menyelesaikan masalah yang di bahas. Dari itu pahami tujuan diskusi dengan begitu anda akan lebih mudah mengarahkan pendapat sesuai dengan tujuan yang ditentukan.

Dilarang memotong pembicaraan

Di dalam diskusi semua anggota harus memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada setiap anggota untuk memberikan pendapat. Jangan sekali-kali anda memtong pembicaraan orang lain dalam memberikan pendapat, meskipun pendapat tersebut menurut anda tidak relevan. Biarkanlah ia menyelesaikan pembicaraanya dulu, baru setelah ia selesai kita mengajukan diri untuk menyanggah pendapat yang tidak anda terima tadi. Memotong pembicaraan adalah suatu sikap yang tidak pantas di lakukan, selain itu bisa menyinggung orang lain, juga bisa menyebabkan diskusi tidak bisa berjalan dengan baik. Jadi hargai setiap pendapat yang ada, berikan kebebasan sepenuhnya orang lain berpendapat, demi tercapainya sebuah tujuan bersama.

Sebuah catatan yang juga perlu anda ingat bahwa diskusi kelompk bukanlah suatu kompetisi, jadi kita tidak usah punya ambisi untuk menang dan mengalahkan yang lain. Tidak ada yang menang dan kalah dalam diskusi yang ada hanyalah mufakat untuk kebaikan bersama.

Dikampus biasanya proses diskusi di awali dengan sebuah presntasi oleh anggota kelompok tertentu yang membahas suatu hal. Kalau di awal tadi yang kita diskusikan tentang bagaiamana berdiskusi, maka berikutnya kita akan mendiskusikan bagaimana cara presentasi yang baik lebih tepatnya cara meningkatkan kemampuan berbicara di dapan umum..

Berbicara adalah satu sarana komunikasi yang paling efetif dengan orang lain. Istilah ini sering kita kenal dengan komunikasi verbal. Komukiasi verbal adalah komukasi dua arah atau lebih yang menggunakan bahasa verbal (percakapan). Setiap orang pasti mampu melakukan komunikasi ini (dalam keseharian) selama ia tidak mengalami gangguan dalam berbiacara, namun tidak semua orang mampu berbicara dalam situasi dan keadaan tertentu. Misalnya, prsentasi, pidato, seminar, atau pembicaraan-pembicaraan yang bersifat resmi.

Berbagai alasan sering mereka utarakan misalnya, takut salah, tidak menguasai materi, gak tahu apa yang harus di bicarakan, malu/tidak percaya diri, takut ditertawakan dll. Bagi sebagian orang berbicara di depan umum dalam forum resmi adalah suatu momok yang manakutkan, sehingga hal ini mengakibatkan mereka menjadi cemas dan takut untuk melakukan hal itu. Masalah-masalah ini banyak sekali kita jumpai di lapangan, termasuk di sekolah dan perguruan tinggi. Tidak sedikit siswa atau mahasiswa yang tidak mampu berbicara baik di depan kelas ataupun forum luar kelas. Hal ini jika dibiarkan akan sangat berdampak kurang baik bagi pengembangan diri siswa/mahasiswa tersebut.

Masalah-masalah di atas sebenarnnya bisa di tangani jika mahasiswa punya kemauan untuk melakukannya. Berikut ada beberapa tips yang bisa di lakukan supaya mampu berbicara efektif dalam forum resmi.

Kuasai materi yang akan di bicarakan

Dalam sebuah pembicaraan remsi (di depan umum), seseorang harus menguasai materi yang akan di sampaikan. Sifat dari pembicaraan resmi berbeda dengan pembicaraan biasa. Dalam pembicaraan resmi selalu ada tujuan yang hendak di capai. Misalnya dalam sebuah presentasi, tujuan dari presentasi adalah membahas, mendiskusikan dan menginformasikan sesuatu kepada orang lain. Kalau materi tidak dikuasai maka mustahil sesorang mampu melakukan presentasi secara baik. Hal ini berlaku dalam setiap pembecaraan yang bersifat resmi. Apakah pembicaraan biasa kita tidak butuh materi? Jika ada pertanyaan seperti itu maka jawabannya adalah perlu, namun materi pembicaraan sehari-hari biasanya ringan, sehingga materi mudah di dapatkan, bahkan terkadang sudah melekat dalam kehiduan kita sehari-hari.

Positif thinking terhadap diri sendiri

Berfikir positif juga merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam komunikasi/pembicaraan yang bersifat resmi. Banyak kasus terjadi, seseorang tidak mampu berbiacara baik di depana umum karena mereka tidak berfikir positif terhadap diri sendiri. Mereka selalu beranggapan bahwa dirinya tidak bisa atau tidak berbakat dalam hal tersebut. Supaya mampu berbicara secara efektif maka kita harus berfikir postif, kita tekankan dalam diri kita bahwa kita mampu melakukan hal tersebut. Sebaiknya kita tidak usah berfikir bagaimana tanggapan orang terhadap hasilnya nanti, karena hal itu akan membuat kita semakin takut dan berfikrian negative terhadpa diri kita sendiri. Dari itu tingkatkan katakana ada diri kita bahwa “Kita Bisa”.

Lakukan latihan secara intensif

Untuk hasil yang maksimal dalam melakukan sesuatu tidak akan  pernah terlepas dari kebiasaan dan latihan yang dilakukan. Anggpan bahwa kecerdasan linguistic itu adalah bawaan lahir, harus kita hilangkan. Pada dasarnya semua bakat berkembang karena lingkungan dan latihan, termasuk juga dalam berbicara. Untuk itu kita harus luangkan waktu kita untuk latihan berbiacara. Misalnya kita latihan berbiacara di depana cermin, kita lihat diri kita sendiri sudah bagus atau belum. Kalau kita belum mampu membahass hal-hal yang berat (materi kuliah, pelajaran), maka kita bisa latihan dari hal-hal yang kita sukai. Latihan ini harus kita lakukan secara intensif untuk hasil yang maksimal.

Berani untuk mencoba

Setelah semua hal di atas dilaksanakan dengan baik, maka hal terakhir yang perlu dilakuka adalah berani mencoba. Apa yang sudah kita upayakan harus di coba, tidak usah pikirkan hasilnya yang penting kita action.Untuk hasil yang baik tidak mungkin bisa seketika, namun butuh sebuah proses yang panjang sambil terus mengasah kemampuan dengan berlatih dan evaluasi diri.

Demikian beberapa tips yang bisa di praktekkan apapun hasilnya jika kita berlatih secara benar maka pasti hasilnya akan sesuai dengan yang kita harapakan. Tips tersebut adalah berdasarkan pengalaman pribadi penulis. Jadi siapapun bisa mengembangkannya berdasarkan pengalaman masing-masing.

5 thoughts on “Aktif Dalam Diskusi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s