Berjuanglah Untuk Sesuatu yang Kita Cinta


Perjuangan selalu membutuhkan pengorbanan dan niat baik. Perjuangan yang tidak dilandasi dengan hal tersebut akan mengakibatkan seseorang menjadi mudah lupa diri dan mudah menyimpang dari jalur kebenaran. Saat ini tidak sedikit kita menyaksikan orang-orang yang berjuang, namunmemiliki orientasi yang salah tentang arti perjuangan. Berjuang itu akan selalu mendahulukan kepentingan orang lain, bukan diri sendiri. Jadi jika ada orang yang berjuang hanya untuk kesenangan diri sendiri, itu berarti orang tersebut tidak memahami makna sebuah berjuangan.

Coba kita renungkan bersama, dalam kehidupan ini, kita tidak hidup sendiri tapi selalu ada orang lain dalam kehidupan kita dan ini sudah menjadi kodrat manusia, yaitu makhluk sosial. Manusia yang tidak mungkin bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Dalam setiap perjuangan, pasti kita butuh orang lain, bisa keluarga, teman dekat, guru atau siapapun. Sehingga bisa dikatakan bahwa perjuangan tidak akan mungkin membuahkan hasil tanpa dukungan dari orang lain.

Sebuah pertanyaan sederhana, perlu kita kaji bersama. Apa yang menyebabkan seseorang melakukan sebuah perjuangan? Apa yang akan anda jawab jika pertanyaan seperti ini di lontarkan kepada anda? Apakah anda akan menjawab “saya ingin membuktikan kepada orang lain bahwa saya bisa melakukannya” atau anda menjawab “Saya ingin sekali membuktikan pada mantan pacar saya, bahwa saya bisa berhasil dan dia akan menyesal telah meninggalkan saya” atau anda menjawab “Saya tidak mau menjadi orang yang tertindas, dan selalu di perintah-perintah”.  Saya yakin masih banyak jawaban-jawaban yang muncul, karena setiap orang pasti punya alasan sendiri-sendiri.

Sesungguhnya perlu kita ketahui bahwa “berjuang demi sesuatu yang anda cintai merupakan sikap yang jauh lebih penting dan lebih mulia ketimbang berjuang melawan sesuatu yang anda benci. Melakukan lebih banyak kebaikan lebih luhur dan lebih produktif di bandingkan mencoba menghilangkan kejahatan” (Peter S. Temes).

Ungkapan di atas mengisyaratkan kepada kita bahwa untuk bisa memperoleh hasil yang baik dari sebuah perjuangan diperlukan sebuah niat baik, bukan yang lain. Jadi jika anda memilki alasan-alasan seperti contoh di awal, maka mulai hari ini hilangkanlah, karena hal itu tidak akan membawa kebaikan. Berjuanglah kita untuk sesuatu yang kita cintai (untuk bangsa/agama/keluarga/apapun yang kita cintai). Dengan begitu kita telah menabur kebaikan pada diri kita sendiri dan orang lain.

Melakukan perjuangan dengan penuh kebencian, akan memudahkan seseorang untuk menyimpang dari jalur awal yang sudah di tentukan. Rasa benci adalah sebuah energy negataif yang akan selalu menggerogoti akal sehat dan hati seseorang. Jika akal sehat dan hati sudah sakit maka mudah bagi seseorang untuk berbuat hal-hal yang tidak baik.

Menghilangkan sebuah kebencian memang tidak mudah, tapi bukan berarti tidak bisa. Sebelum memulai sebuah perjuangan mungkin dulu kita adalah orang yang sering kalah, sering gagal, sering dihina atau hal yang lain. Karena hal itulah akhirnya kita merasa tercambuk, dan berusaha mati-matian untuk berjuang supaya bisa membuktikan kepada mereka bahwa anda bukan orang yang kalah, bukan orang yang gagal dan buka orang yang pantas untuk dihina. Pada awalanya mungkin hal itu yang menjadi alasan kenapa kita pingin sekali berubah. Sekarang yang jadi pertanyaan “ apa yang akan anda lakukan kepada oaring-orang yang pernah memperlakukan hal yang tidak menyenangkan kepada diri anda, setelah anda berhasil?

Terlepas dari semua hal di atas, maka dari sekarang mari kita mulai memupuk semangat dan niat kita dalam berjuang. Arahkan niat kita untuk sesuat hal yang kita cintai, karena saya yakin, hal ini akan membawa energy psitif dalam hati dan pikiran anda. Kalau pikiran dan hati tidak diselemuti kebencian, maka sebuah kebahagiaan akan mudah kita wujudkan. Disamping itu perjuangan yang di landasi niat baik akan membawa manfaat yang besar untuk orang yang ada disekeliling kita.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s