Cara Membuat Makalah


Tugas adalah salah satu elemen akademik yang memang menjadi tanggung jawab siswa untuk mengerjakknya. Setiap tugas di kampus mungkin berbeda-beda antar satu fakultas dengan fakultas yang lain, itu satu fakultas terkadang satu fakultas tapi beda dosen tugasny bisa lain.  Daalam tulisan ini saya akan mencoba mendiskusikan tugas yang hampir ada pada setiap fakultas yaitu membuat makalah.

Makalah adalah sebuah karya tulis ilmiah yang ditulis dan mencakup ruang lingkup masalah tertentu. Karena makalah adalah sebuah karya ilmiah maka penyusunannyapun haru sesaui dengan kaidah-kaidah ilmiah yang berlaku. Biasanya makalah tediri dari beberapa bagian Yaitu: Cover, pengantar, daftar isi, tujuan, latar belakang masalah dan rumusan masalah (Pendahuluan),  kajian tentang rumusan masalah (Pembahasan), kesimpulan dan saran (Penutup) dan daftar pustaka.

Pada bagian Cover bisanya memuat logo fakultas/kampus, judul makalah, dosen pengempu, penulis, nama fakultas dan universitas serta tahun pembuatan. Pengantar berisi pengantar penulis, biasanya isinya mencakup ucapan terimakasih penulis kepada pihak-pihak terkait yang telah membantu terselesaikanya makalah yang telah dibuat. Daftar isi memuat halaman-halaman yang bisa ditelusi oleh pembaca, tujuannya untuk memudahkan pembaca untuk menelusuri isi dari makalah yang telah di buat. Tujuan berisi tujuan umum dan khusus dari oembutan makalah, namun bisa juga hanya di isi tujuan saja, tanpa mendeskripsikan tujuan umu dan tujuan khusus pembuatan makalah. Latar belakang berisi, kerengka berfikir dari sebuah judul makalah, jika kerangka berfikirnya jelas maka penulis juga akan lebih mudah menyusun rumusan masalah. Rumusan masalah berisi tentang pertanyaan atau pernyataan yang akan di jawab dalam pembahasan. Kajian rumusan masalah (pembahasan) berisi tentang jawaban yang ada dalam rumusan masalah. Dalam makalah biasanya isinya berdasarkan kajian kerangka teori dari para ahli. Kesimpulan berisi kesimpulan dari apa yang sudah di tulis dalam pembahasan. Dalam kesimpulan sebaiknya tida menyertakan nama ahli, kerena kesipulan murni dari pendapat penulis sendiri. Saran, berisi rekomendasi kepada mahasiswa untuk lebih memahami suatu hal yang dibahas dalam pembahasan. Daftar pustaka, daftar pustaka ini memuat sekumpulan referensi (buku, artikel, jurnal, intenet dsb). Penulisan daftar pustaka juga harus sesuai dengan kaidah yang berlaku.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s