Jalan Sederhana Mencapai Kebahagiaan Sejati


Meraih kebahagiaan hidup adalah tujuan yang selalu dikejar oleh manusia. Jika kita bertanya pada setiap orang yang ada disekitar kita, saya yakin banyak jawaban yang mereka berikan. Ada yang menginginkan uang, menginginkan cinta, menginginkan kebebasan, menginginkan kedamaian dan mungkin masih banyak lagi jawaban yang akan muncul. Jadi bisa dikatakan bahwa kebahagiaan itu sifatnya relative, tergantung dari latar belakang kehidupan dan pandangan hidup seseorang.

Jika kita melihat seseorang yang hidup bergelimang harta, maka yang terlintas dalam pikiran kita adalah “alangkah bahagianya orang tersebut, mau apa saja bisa, andai saja aku bisa seperti dia”. Namun ternyata tidak selamanya apa yang kita pikirkan itu benar, karena banyak orang yang bergelimang harta ternyata tidak memperoleh kebahagiaan. Dengan kata lain ukuran kebahagiaan antara orang yang satu dan yang lain itu berbeda.

Banyak orang bilang mencapai kebahagiaan sejati itu sulit dilakukan, karena sifat manusia yang tidak mudah puas dengan apa yang telah diperoleh. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya salah, karena sudah kodrat manusia jika mereka memilki keinginan, yang terpenting keinginan tidak menjerumuskan manusia, melakukan hal-hal yang dilarang oleh norma-norma yang ada.

Mencari bahagia itu tidak sulit, tergantung bagaimana kita melakukan management terhadap sikap hidup yang kita jalani. Ada beberapa jalan sederhana yang bisa kita lakukan untuk mencapai kebahagiaan sejati, diantaranya adalah:
1. Bersyukur dan berserah diri kepada Tuhan

Bersyukur itu bukanlah hanya dengan kita mengucapkan pujian terhadap Tuhan, tetapi juga harus diyakini dalam hati dan di amalkan dalam perbuatan. Contohnya apabila kita mendapatkan sebuah rezeki berapapun itu, kita harus mengucapkan puji syukur pada Tuhan secara lisan, dan kita juga harus yakin bahwa rejeki tersebut adalah wujud kasih sayang Tuhan kepada manusia. Bukan hanya itu saja, untuk melengkapi rasa syukur tersebut kita juga harus menggunakan rezeki itu untuk beribadah kepada Tuhan seperti bersedekah, menuntut ilmu dan hal positif lainnya.
2. Hidup dengan sebuah tujuan

Sering kali kita akan merasa jengkel jika dalam sebuah perjalanan kita tidak tahu arah dan tujuan kita secara pasti. Demikian juga dalam menjalani kehidupan, sebuah kekuatan tujuan akan mengantarkan seseorang melaksanakan misi kehidupannya secara terarah dan terencana. Hidup dengan tujuan yang jelas juga akan membuat diri kita lebih berhati-hati dalam bertindak, meminimkan resiko serta mampu memotivasi diri untuk selalu berbenah diri serta mengembangkan segala kemampuan diri secara maksimal.

3. Jangan menjadikan keinginan menjadi sebuah kebutuhan

Suatu hal yang wajar jika kita menginginkan sesuatu dalam hidup kita, seperti mobil, rumah, perhiasan, jabatan, pendidikan, dan sebagainya. Namun perlu di ingat tidak semua keinginan harus kita penuhi. Jika kita menjadikan keinginan tersebut menjadi sebuah kebutuhan (sesuatu yang harus segera dipenuhi) maka kita tidak akan pernah bisa merasa hidup tenang. Dengan kata lain kita harus mempunyai skala prioritas dalam memenuhi sebuah keinginan.

4. Berbagi dengan sesam

Berbagi dengan orang lain adalah suatu hal yang dianjurkan. Banyak hal yang bisa kita bagi dengan sesama baik itu yang bersifat material maupun spiritual. Kita hidup jangan hanya berfikir tentang apa yang telah kita peroleh, tapi juga harus berpikirlah tentang apa yang sudah kita berikan kepada orang lain dari apa yang kita peroleh. Kita pasti sepakat bahwa kesuksesan yang kita raih tidak akan berarti apa-apa tanpa kita mampu berbagi dengan sesama atas apa yang kita raih.
5. Dapat memaafkan orang lain

Memaafkan memang tidak mudah. Tetapi dengan memaafkan akan mendatangkan sebuah ketenangan dalam diri kita. Secara ilmiah pun memaafkan atau mengampuni orang lain memiliki nilai positif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang memendam dendam dan memelihara kebencian, hidupnya tidak akan pernah tenang.

6. Jangan Menjadikan Uang Segala-galanya

Kita sepakat bahwa uang sangat penting, tapi bukan segalanya. Bukti kecil sering kita lihat di lingkungan sekitar kita, di mana kita mendapati orang yang hidup dalam kemiskinan tapi mereka miliki sebuah kebahagiaan. Apa yang membuat mereka bahagia? Hanya satu kata “Cinta”, orang-orang semacam ini selalu menebar cinta di dalam rumah dan lingkungannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s