Memiliki Kemampuan Bekerjasama dan Berkomunikasi


Mampu berkominukasi dan bekerjasama adalah tiket sebuah kesukusesan jangkan panjang anda. Setipa orang yang berada dalam suatu lingkungan akan saing berkomonikasi dan bekerjasama untuk mencapai sebuah tujuan bersama. Dalam belajar di kampus mahasiswa tidak mungkin sendiri, selalu ada orang lain yang anda butuhkan untuk meningkatkan kemampuan anda. Sebuah kerjasama yang baik akan terwujud jika setiap anda mampu berkomunikasi secara efektif dalam lingkungannya.

Bentuk komunikasi dan kerjasama yang paling membantu perkembangan mahasiwa adalah kerjasama dan komunikasi dengan teman satu kelas. Teman satu kelas ibarat sebuah keluarga yang duduk dalam satu rumah, yang harus aling memotivasi dan mengingatkan, sehingga terbentuk suasana kelas yang menyenangkan. Tidak boleh ada mahasiswa egois yang merasa paling pintar di antara yang lain, saling bermusuhan dan saling menjatuhkan. Pahamilah masing-masing teman anda, jadikanlah mereka sebagai patner dalam kemajuan anda kedepan.

Beberapa kali saya menyaksikan beberapa mahasiswa yang saya pikir tidak menunjukkan sebuah kerjasama dan komunikasi yang baik di kelas. Ketika ada temannya presentasi di depan kelas, audien malah tidak memperhatikan, mereka terkesan tidak peduli. Meskipun tidak kita pungkiri bahwa terkadang ada teman anda yang memang tidak menarik ketika presentasi, namun jangan itu dijadikan alasan untuk tidak mengharagai teman anda. Asal kita tahu untuk memeprsiapkan presentasi tersebut mungkin dia sudah berusaha keras selama berhari hari untuk belajar.

Kasus lain juga sering saya lihat dimana ada mahasiswa yang selalu mendominasi kelas, seakan-akan ia tidak mau memberikan kesempatan yang lain untuk berbicara. Bahkan yang paling membuat saya heran ada juga mahasiswa yang berani mejatuhkan temannya sendiri di mata dosen hanya untuk mendapatkan nilai yang baik dan tidak di saingi.

Sebuah perilaku-perilaku yang seharusnya tidak ditunjukkan oleh mahasiswa yang ingin membangun kesuksesan di masa yang akan datang. Berikut adalah upaya-upaya yang bisa dilakukan bagaiaman cara membangun komunikasi dan kerja yang saling menguntungkan:

Berfikir positif terhadap diri sendiri dan orang lain

Berfikir positif akan membawa kita pada sebuah penilain yang baik kepada diri sendiri dan orang lain. Karena sebelum menilai orang lain, maka kita akan lebih dulu mengintrokesi diri apakah kita sudah lebih baik dari orang lain. Seseorang yang mempunyai pikiran yang positif tidak akan menebak-nebak sesuatu hal yang akan terjadi pada diri sendiri dan orang lain. Pikiran positif juga akan memudahkan seseorang untuk lebih mempercayai orang lain. Jadi dasar sebuh kepercayaan harus di landasi dengan pikiran yang positif.

Membangun sikap saling percaya

Membangun sikap yang percaya tidaklah sulit namun juga tidak mudah. Bagi seseorang yang pernah di khianati atau dibohongi mungkin akan sulit untuk kembali percaya. Tapi percayalah sikap yang seperti itu tidak akan pernah membawa kedamain dalam diri dan kebaikan untuk bersama. Jika mengingkan sebuah kerjasama dan komunikasi yang efektif alangkah lebih baik, jika kta berusaha memberikan kesempatan kepada orang lain untuk membuktika bahwa ia sudah benar-benar menyadari kesalahannya

Tidak merendahkan orang lain

Menganggap diri sendiri paling hebat adalah perbuatan yang akan mengantarkan seseorang pada kesombongan. Hatinya akan sulit untuk menerima keberadaan orang lain, terlebih jika orang lain tersebut masih dibawahnya. Wujud merendahkan orang lain di perkulaihaan contohnya tidak memperhatiakn orang lain dalam diskusi, pilih-pilih dalam bergaul, tidak pernah mau menghargai pendapat orang lain dsb. Jiks perlaku nseperti ini tetap di pelihara, maka mustahil sebuah kerjasam akan terbentuk. Yang ada semua orang akan individualis, yang lebih mementingkan diri sendiri dan rasa kepedulian akan berkurang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s