Mengoptimalkan Potensi Belajar Anak


teori multiple intelligent atau juga kita kenal sebagai kecerdasan majemuk adalah jawaban dari permasalahan dalam belajar.  Teori Howard gardner ini menjelaskan bahwa di dalam diri individu terdapat beberapa kecerdasan yang bisa di optimalkan untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Apa saja kecerdasan tersebut, akan di uraikan sebagai berikut:

1.       Kecerdasan Verbal/Linguistik

Kecerdasan verbal adalah kemampuan seseorang dalam hal bicara atau verbal dan menulis, bisa juga di artikan kepekaan terhadap makna dan susunan kata. Kecerdasan ini dapat di optimalkan dengan banyak membaca, menulis artikel, berdiskusi, dan kegiatan organisasi.

2.       Kecerdasan Logikal/Matematika

Kecerdasan matematik adalah kemampuan seseorang dalam menggunakan logika angka dan kemampuan untuk menangani relefansi serta mengenali pola dan urutan. Untuk dapat mengoptimalkan kecerdasan ini dapat di lakukan dengan banyak latihan soal hitungan dan mempelajari rumus-rumus matematik.

3.       Kecerdasan Visual/Spasial

Kecerdasan visual adalah kemampuan untuk menginra dunia secara akurat dan menciptakan kembali aspek-aspek dunia tersebut, dalam arti lain kecerdasan visual juga di katakan sebagai kemampuan melibatkan proses berpikir dalam bentuk lukisan atau gambar. Kemampuan ini dapat di tingkatkan dengan berlatih membuat gambar, diagaram dan grafik.

4.       Kecerdasan Tubuh/Kinestetik

Kecerdasan kinestik adalah kemampuan menggunakan tubuh dengan terampil dan memegang objek yang cakap. Untuk mengoptimalkan kecerdasan ini dapat di lakukan dengan, olahraga secara teratur, seperti jalan santai, jogging, dan mengikuti berbagai macam ekskul olahraga di sekolah.

5.       Kecerdasan Musikal

Kecerdasan musical adalah kepekaan dalam mengenali nada dan irama. Kecerdasan ini dapat di optimalkan dengan banyak mendengarkan musi, berlatih alat musik seperti gitar atau piano, dan belajar menyanyi.

6.       Kecerdasan Interpersonal

Kecerdasan interpersonal adalah kemampuan memahami orang lain atau membina hubungan. Ini dapat di optimalkan dengan cara banyak bergaul, menjalin pertemanan, berdiskusi, dan aktif dalam berbagai kegiatan sosial

7.       Kecerdasan Intrapersonal

Kecerdasan intrapersonal adalah kemampuan emosional diri sebagai sarana untuk memahami diri dan orang orang lain. Kecerdasan ini dapat di optimalkan dengan melakukan intropeksi diri, memahami kelebihan dan kekurangan diri, minta feed back atau umpan balik dari orang lain.

8.       Kecerdasan Natural

Kecerdasan natural adalah kemampuan untuk mengenali dan mengklasikaiskan aneka spesias flora dan fauna dalam lingkungan. Kecerdasan ini dapat di optimalkan dengan cara sering mengikuti kegiatan pecinta alam, berpartisipasi menjaga kebersihan lingkungan.

Dengan mengaktifkan dan mengoptimalkan kedelapan kecerdasan tersebut akan sangat membantu pencapaian hasil belajar yang optimal.  Kedelapan kecerdasan tersebut adalah potensi belajar yang sangat vital sehingga perlu mendapatkan perhatian dan pelatihan supaya dapat berkembang secara efektif.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s