Menumbuhkan Kepekaan Anak Lewat Menggambar


Menggambar adalah salah satu aktivitas yang melibatkan serangkaian kercerdasan yang dimiliki olh seseorang. Bagiaman tidak untuk menggambar dengan baik umumnya seseorang harus memilki imajinasi dan kreativitas (intelegensi), selain itu seseorang juga harus memilki kesebaran (emosi) dan kecakapan tangan yang baik (psikomotor).

Bahwa dewasa ini gambar sering juga di gunakan sebagai alat peraga di berbagai sekolah dari semua tingkatan, hal ini menunjukkan bahwa menggambar adalah hal yang sangat positif untuk melatih kepekaan berbagai kecerdasan pada diri seseorang dan hal ini paling efektif diterapkan sejak seseorang masih usia dini.

Agar bisa mengapresiasikan hal itu semua, orang tua harus sedkit longgar dengan anak, dengan cara sering mengajak kedunia luar supaya anak bisa mengeksplorasi pengalaman yang di dapat dalam dirinya. Hal ini sangat penting, karena tanpa pengetahuan maka sulit bagi anak, untuk menuangkan apa yang ada dalam pikirannya dalam bentuk gambar.

Perlu di ketahui juga bahwa menggambar itu tidak bisa di ajarkan, dan cara yang paling baik dalam menggambar adalah membiarkan diri anak berkreasi sebebas mungkin, biarkan anak menggambar dan memakai warna yang ia suka. Dan tugas orang tua hanya satu yaitu memberikan stimulus dan rangkasangan imajinasi anak, yang bisa di lakukan dengan memberikan reward dan kesempatan kepada anak untuk berkreasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s