Remaja dan Masa Remaja


Membicarakan tentang remaja dan masa remaja, tidak akan pernah ada habisnya. Bahkan remaja adalah satu objek penelitian yang sangat menarik untuk selalu di kembangkan. Kenapa bisa seperti itu? Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa remaja itu adalah masa di mana mereka lagi mencari identitas dan jati diri mereka. Selain itu masa remaja bagi sebagian kalangan di anggap sebagai masa transisi, yang akan menentukan perkembangan kehidupannya di masa dewasa. Jadi dengan kata lain, kehidupan orang di masa remaja salah satunya di pengaruhi oleh perilaku dan sikap di masa remaja. Jika di masa ini para remaja bisa melakukan tugas perkemabangannya secara baik maka bersar kemungkinan mereka akan mudah melewati dan menjalankan tugasnya di masa dewasa.

Masa ini juga merupakan masa yang sulit bagi remaja, yang juga berdampak pada perilaku orang tua. Hal ini di buktikan dengan sikap orang tua yang terkadang terlalu over protektif terhadap remaja. Bagi sebagaian besar orang tua remaja masih di anggap belum cukup mampu menyelesaikan masalah yang mereka hadapi. Tapi anggapan itu sangat berbeda dengan apa yang di pikirkan oleh anak remaja, bagi para remaja tuntutan dalam diri membawa meraka pada keinginan untuk mencari jati diri dan sikap mandiri untuk lepas dari pengaruh orang tua.

Ada banyak faktor yang harus di ketahui bahwa masalah yang terjadi ada diri remaja sangat komplek terlebih di era global seperti sekarang ini. Bagi orang tua atau orang yang lebih dewasa harus bersikap lebih bijaksana untuk mensikapi hal ini. Kita terkdang tidak bisa menyamakan masa remaja kita dengan kehidupan masa remaja saat ini. Untuk itu supaya remaja bisa menjalankan tugas perkembangannya secara baik perlullah bagi orang tua dan guru memahami berbagai dimensi-dimensi perubahan remaja. Bersikap terbuka, dan penilaian positif di perlukan oleh remaja, karena hal itu akan membuat remaja merasa di hargai dan di mengerti bahwa mereka juga punya kehidupan sesuai dengan masanya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s