Sukses Mengerjakan Ujian


Dikampus ujian biasanya terjadi selama 2 kali dalam satu semester yaitu ujian tengah semester (UTS) dan ujian akhi semester (US), serta satu ujian akhir (sidang skripsi). Setiap nilai tugas, diskusi, kedisipliann, UTS dan US akan sangat berdampak pada IPS (Indek prestasi semester), IPS akan berdampak pada IPK, nilai IPK akan berdampak pada skripsi. Mahasiswa yang IPKnya kurang dari standar yang telah ditentukan oleh kampus biasanya tidak diizinkan mengambil skripsi. Sedangkan kita tahu bahwa syarat kelulusan jika kita bisa mengerjakan skripsi dan dinyatakan lulus.

Dari pernyataan tersebut jelas bahwa hasil akhir atau kelulusan yang baik harus di tentukan melalui prosedur yang harus di tempuh secara baik dari semester awal sampai akhir. Khusus disini penulis akan mebdiskusikan baggaiman menghadapi atau tips yang perlu di ketahui mahasiswa dalam menghadapi ujian (UTS dan US).

Ujian ini sering menjadi momok bagi para mahasiswa karena jika gagal dalam besar kemungkinan mereka mengulang mata kuliah tersebut di semester berikutnya. Tentu hal ini tidak di inginkan oleh oleh mahasiswa karen amngulang mata kuliah sama juga pemborosan dan bisa juga memperlama proses kuliah. Mahasiswa sangat menyadari bahwa ujian ini sangat penting, namun mereka tetap saja enggan untuk belajar atau mempersiapkan ujian ini secara baik.

Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa di lakukan oleh mahaiswa dalam mempersiapkan diri menghadapi  ujian supaya tujuan yang di harapakan bisa tercapai secara maksimal.

Siapkan mental positif dalam menghadapi ujian akhir

Sikap mental positif hamper diperlukan setiap orang dalam mengahadap ataumengerjakan sesuatu hal, termasuk siswa dalam menghadapi ujian akhir. Selama ini ujian akhir selalu adi anggap momok yang menakutkan bagi sebagian besar siswa. Hal itu wajar karena selama ini mungkin mereka selalu diberikan dogma-dogma bahwa kalau mereka gagal dalam ujian maka mereka sudah tidak punya harapan lagi. Hal-hal semacam ini bisa berakibat buruk bagi siswa,  tidak jarang juga kita mendapati siswa yang melakukan kegiatan yang irasional seperti ke dukun, paranormal dsb. Maka dari itu mulai sekarang kita harus punya pikiran positif ujian buka sesuatu yang sulit, jika kita mempersiapakannya secara dini maka hasil optimal pasti bisa kita raih.

Tidak memorsir waktu untuk belajar

Belajar adalah baik, namun jika belajar terlalu di forsir bisa sangat menekan pikiran seseorang. Belajar harus ada porsinya. Belajarlah secara wajar, hindarilah belajar dengan sistem kebut semalam. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pelajarilah materi pelajaran jauh-jauh hari senalum ujian berlangsung sedikit demi sedikit.

Kurangi  belajar dengan cara menghafal

Setiap orang pasti punya gaya belajar masing-masing, termasuk menghafal. Namun memilki banyak keterbatasan, mengingat otak kita tidak mungkin bisa menampung semua hafalan dari buku pelajaran yang di pelajari. Memang ada kalanya kita harus menghafal, tapi hafalan tersebut harus kita arahan pada hal-hal yang penting saja (poin-poinya saja)

Diskusikan materi yang tidak kita pahamu dengan orang lain (guru/teman)

Dalam proses pembelajaran terkadang seseorang mengalami sebuah permasalahan. Jika ada permasalahn yang muncul segera diskusikan hal terseut dengan teman. Jika belaum menemukan jawaban yang memuaskan segera konsultasikan hal tersebut dengan guru mapel pelajaran masing-masing. Dengan cara ini seseorang akan lebih cepat memahami materi pelajaran.

Lakukan refresing untuk menghilangkan kejenuhan dan ketegangan pikiran

Dalam belajar terkadang seseorang mengalami tingkat kejenuhan. Jika kejenuhan ini muncul lebinh sesorang melakukan refresing. Hal itu bisa dilakukan dengan banyak cara tergantng dari masing-masing individu.

Banyak-banyaklah berdoa

Nah yang terakhir ini adalah hal yang tidak boleh ditinggalkan selain belajar kita harus juga selalu berdoa semoga apa yang kita pelajari bermanfaat. Doa sangat penting, karena dalam doa mengandung dorongan-dorongan positif, yang akan mendorong seseorang untuk lebih yakin pada apa yang dia lakukan. Selain itu semua, juga doa bagian dari ibadah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s