Sukses menulis sekripsi


Skripsi merupakan karya ilmiah yang ditulis oleh mahasiswa strata 4 atau S1 yang berdasarkan penelitian lapangan atau kajian kepustakaan yang dilaksanakan dengan cara yang seksama sesuai dengan prosedur ilmiah (bisa dipertanggungjawakan secara ilmiah). Skripsi sampai saat ini masih menjadi momok bagi sebagian besar mahasiswa. Berbagai anggapan bahwa skrispi itu sulit, skripsi akan menyita banyak waktu, masih saja melekat dalam pikiran sebagian besar mahasiswa. Rata-rata dari mereka merasa tidak siap harus melakukan serangkain kegiatan dari observasi lapangan, pengajuan judul, pembuatan proposal, penyusunan instrument, eksperimen/uji coba, membuat laporan dan siding skrispi.

Apa yang menyebabkan skripsi itu susah adalah pikiran mahasiswa sendiri. Skripsi itu tidak bisa hanya di bayangkan namun harus di kerjakan tahap demi tahap sesuai arahan dari dosen pembimbing. Jika tahapan itu dilakukan dengan benar maka saya yakin paradigma tentang skripsi itu susah akan berubah. Setu hal lagi skripsi tidak usah di tunda-tunda. Lebih-lebih jika alasan penundaan tersebut karena menganggap skripsi itu sulit dan tidak mengkin semester ini bisa menyelesaikan.

Sebenarnya skripsi sangat memberikan manfaat kepada mahasiswa yang akan memberikan pengalaman belajar untuk menyelesaikan masalah secara ilmiah dengan melakukan sebuah penelitian, menganalisis dan menympulajn hasil penelitian, sehingga mendapatkan sebua hasil yang bisa direkomendasikan untuk kepada pihak terkait yang di gunakan untuk penelitian skrispi.

Supaya dapat menyusun skripsi dengan baik setidaknya ada beberapa hal yang harus anda lakukan:

Merumuskan judul

Sebalum anda mengerjakan skripsi langkah awal yang pasti di lalaui adalah merumuskan judul. Dalam tahap ini tidak sedikit maha siswa yang mengalami kesulitan bagaimana cara merumusakan judul dan bagaimana judul yang baik. Sebenarnya tidak sulit merumuskan judul, berikut cara yang bisa di tempuh dalam merumuskan judul

²  Kalau anda kesulitan merumuskan judul anda dapat memanfaatkaan internet. Di internet ribuan judul skripsi bisa anda jumpai, pilih judul yang sekiranya sesuai dengan jurusan anda, dan mungkin untuk anda kerjakan. Langkah ini adalah langkah yang paling mudah.

²  Kalau anda menginginkan rumusan judul sendiri, lakukan observasi tentang masalah yang sesuai dengan jurusan anda, setelah itu lakukan pengkajian bagaiman menyelesaikan masalah tersebut. Perlu di ingat sebelum merumuskan judul anda harus tahu jenis penelitian seperti apa yang akan anda kerjakan, karena hal ini akan berpengaruh pada judul yang anda pilih. Jenis penelitian itu bermacam-macam bisa penelitian eksperimen, studi kasus, kejian pustaka dsb. Dalam buku ini penulis tidak akan menjelskan tentang jenis-jenis penelitian. Kalau anda belum paham tentang ini lebih baik pelajari dulu hal ini, supaya anda lebih mudah merumuskan judul.

Setelah judul selsai anda rumuskan ajukan judul tersebut ke kepala jurusan. Bedoalah semoaga rumusan judul anda di terima.

Lakukan koordinasi secapatnya kepada pihak/lembaga dimana anda malakukan penelitian

Koordinasi perlu dilakukan supaya anda dapat kepastian tentang di izinkan atau tidak anda melakukan penelitian di lembaga tersebut. Jangan sampai ketika anda sudah menyusun proposal, tapu ternyata anda tidak di izinkan.

Kumpulakan semua bahan yang dibutuhkan untuk menyusun proposal

Setelah judul anda di terima, maka langkah selanjutnya persiapkan semua bahan yang anda perlukan yang paling penting adalah referensi-referensi buku yang akan anda gunakan. Kalau anda banyak uang anda bisa membelinya di toko buku, tapi kalau keuangan kurang mendukung, anda bisa fotokopi buku dari perpustakaan aau pinjam dari teman. Jika kelangkapan bahan untuk membuat skripsi sudah ada maka tidak akan sulit bagi anda untuk menyusun proposal skripsi.

Jika semuanya lengkap maka menyusun proposal bisa anda selesaikan secepatnya. Jika anda tidak tahu bagaimana format proposal maka anda bisa buka buku pedoman skripsi yang diterbitkan fakultas dan bianya buku ini anda dapatkan ketika anda sudah menbayar administrasi mata kuliah skripsi, jika masih belum bisa anda bisa melihat cntoh proposal kakak kelas. Jika masih belum bisa lagi maka bertanyalah dengan temana-teman anda. Kerjakanlah proposal sebaik mungkin, karena jika proposal anda di terima, langkah untuk menyusun skripsi akan lebih mudah. Disamping menyusun proposal segeralah urus juga perizinan untuk melakukan penelitian. Langkah-langkahnya anda minta pengantar surat pengantar penelitian dari fakultas ke Litbank, dari litbank anda akan mendapatkan pengantar ke Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga, dari dinas anda akan mendapatkan surat pengantar ke lembaga tempat anda melakukan penelitian.

Usahakan untuk disiplin konsultasi kepada dosen pembimbing

Disiplin konsulutasi sangat penting, karena apa yang sudah anda kerjakan biasanya masih banyak yang di koreksi oleh dosen pembimbing. Kenapa harus disiplin, karena terkdang dosen pembmbing sangat sibuk, bisa jadi bahan skripsi yang sudah anda konsultasikan belum di koreksi. Maka dari itu anda harus disiplin untuk mengecek atau menanyakan tentang bahan yang sudah anda konsultasikan. Kalau bahan konslutasi anda banyak yang harus direvisi, maka lakukanlah segera kalau perlu hari itu juga. Seandainya anda mengambil bahan yang sudah di koreksi pagi, maka sore bisa nada ajukan kembali.

Laporkan hasil penelitian apa adanya

Prinsip yang harus di junjung tinggi seorang peneliti adalah kejujuran. Kanyataan yang ada di lapangan banyak sekali mahasiswa yang mengindahkan hal ini. Karena alasan klasik banyak mahasiswa yang melakukan manipulasi data, sehingga data yang sebenarnya tidak dipaparkan. Memanipulasi data akan sangat merugikan bagi anda dan hal ini akan anda rsakan ketiak siding skripsi. Jika data  yang anda berikan tidak yang sebenarnya, maka dalam siding skripsi anda harus pandai-pandai mencari argument untuk menutupi kebohongan anda dan yang paling parah jika anda ketahuan memanipulasi data anda bisa mendapatkan sangsi.

Jika data yang anda paparkan adalah data yang sebenarnya maka anda tidak perlu cari cari alasan untuk menutupi kebohongan. Anda tinggal menjawab apa yang ditanyakan sesuai dengan apa yang anda hasilkan. Kalaupun hipotesis yang anda ajukan tidak terbukti, itu bukan berarti anda gagal justru rkomendasi anda akan sangat bermanfaat bagi peneliti selanjutnya.

Pastikan skripsi anda sudah lengkap dan benar

Sebelum anda mendaftrakan skripsi anda untuk di ujikan, periksalah sekali lagi siapa tahu masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki. Dengan begitu akan memibimkan resiko ketika anda di uji.

Beberapa hal di atas adalah berdasarkan pengalaman pribadi penulis ketikan menyusun skripsi. Untuk contoh skripsi dapat anda download pada link berikut:

http://www.ziddu.com/download/18743281/SKRIPSIPEMAHAMANPOTENSIDIRI.pdf.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s