Ukuran Sebuah Kebahagiaan


Kebahagiaan adalah satu hal yang selalu di cari oleh manusia dalam menjalani hidup, atau bisa dibilang itu adalah merupakan tujuan utama. Namun yang jadi pertanyaan “apasih yang menjadi ukuran sebuah kebahagiaan?” Coba tanyakan hal tersebut pada diri anda sendiri!

Apapun jawaban anda itu adalah kunci dalam meraih kebahaagiaan tersebut. Namun ketika pertanyaan tersebut anda berikan kepada orang lain, bisa jadi jawabannya tidak sesuai dengan apa yang anda jawab. Kalau yang terjadi semacam itu, maka itu adalah hal yang wajar, karena setiap manusia mempunyai tolak ukur sendiri-sendiri dalam menentukan kebahagiaan hidup.

Pernah suatu hari seseorang bertanya kepada saya “mas buat apa sih orang sekolah dan kuliah tinggi, toh itu bukan menjadi tolak ukur kesuksesan. Buktinya teman-teman kita yang gak sekolah saat ini bisa sukses, mereka punya penghasilan yang gak sedikit, mereka juga bisa membeli sesuatu yang mereka inginkan?”. Mendapat pertanyaan tersebut, saya tidak langsung menjawab, tapi saya memberikan pertanyaan balik, “Apa alasan kamu, bertanya seperti itu?”.  ia menjawab, “bukannya apa-apa mas soalnya saya lihat banyak orang yang sekolah tinggi, tapi banyak yang nganggur, bahkan ada juga yang gajinya tidak seberapa, untuk makan sebulan aja tidak cukup”.

Dari contoh narasi di atas, kita harus bisa mengambil pelajaran positif dan semoga kita tidak punya pemikiran dan pertanyaan seperti itu pada diri kita atau kepada orang lain. Kenapa saya katakana demikian, karena jika seseorang punya pola pikir semacam itu, maka saya yakin kebahagiaan sejati yang diinginkan akan sulit terwujud.

Untuk mencapai sebuah kebahagiaan sebenarnya tidak sesulit seperti yang kita bayangakn, tapi juga tidak mudah. Seperti yang sudah saya ulas di awal, kuncinya terletak dari diri kita sendiri.

Sekarang saya akan bertanya kepada anda

Apakah anda saat ini merasa bahagia? Dimana anda bisa merasakan kebagiaan itu? Apa yang membuat anda bahagia? Apakah pada prestasi yang kita hasilkan, uang yang melimpah, atau kekasih yang setia? Apakah jika anda mendapatkan semua itu bisa menjamin kebahagiaan anda?

Coba sekarang kita cermati, berapa banyak orang yang memperoleh semua itu, tapi nyatannya mereka tidak bahagia? Kenapa semua itu terjadi? Jawabannya hanya satu “karena mereka tidak pernah memahami makna dari sebuah kebahagiaan. Kebahagiaan itu bukan sesuatu yang kita peroleh, tapi kebahagiaan itu adalah anugrah yang diberikan kepada kita karena sesuatu yang positif yang kita lakukan. Jadi kebahagiaan itu tidak perlu di cari kemana-mana, karena kebahagiaan itu terlatak di dalam hati kita.

Berikut ada beberapa hal yang bisa kita jadikan bahan pembelajaran bagaimana cara kita memperoleh sebuah kebahagiaan

Selalu Bersyukur

Ungkapkan rasa syukur bukan hanya sebatas kalimat “Alhamdulillah”, atau kalimat yang lain. Syukur adalah sebuah energy positif yang meyakinkan kita bahwa apa yang sudah kita peroleh adalah sebuah nikmat yang tidak terkira, yang belum tentu orang lain bisa mendapatkan hal tersebut. Di dunia ini banyak sekali orang yang mendapatkan kenikamatan, tapi hanya mungkin hanya sedikit yang mampu bersukur, dari itulah syukuri apa yang kamu dapatkan, meskipun itu hanya sesuatu yang kecil.

Bebaskan diri dari penyakit hati

Iri, dengki, sombong, khianat, tidak jujur adalah adalah beberapa contoh penyakit hati yang harus kita bebaskan dalam diri kita. Jika kita dihinggapi hal-hal tesebut, maka mustahil rasanya kebahagiaan akan menghampiri kita. Sifat-sifat yang semacam itu, akan menghancurkan kita sedikit demi sedikit, yang terkadang sulit sekali kita rasakan. Maka dari itu kita harus selalu berhati-hati, mohonlah selalu bimbingan dan petunjuk dari Tuhan supaya kita terlindung dari sifat-sifat buruk tersebut.

Berbagilah dengan sesama

Bagikanlah sesuatu dari yang kamu milki kepada orang lain. Jangan salah berbagi itu tidak harus dengan materi tapi bisa dengan apa saja (senyuman hangat, pjian, informasi dll). Hal tersebut akan mendatangkan banyak manfaat dalam diri kita, yang akan selalau menjadikan hati kita kaya akan kebahagiaan.

Lakukanlah sesuatu hal dengan penuh makna

Setiap hari kita selalu di hadapakan pada berbagai aktifitas. Tapi apakah setiap akktifitas tersebut sudah kita jalankan dengan sungguh-sungguh (bermakna). Apapun profesi kita saat ini mulailah melakukan sesuatu dengan sungguh-sungguh, buang jauh-jauh rasa malas karena hal itu hanya akan mendatangkan keburukan dalam diri kita. Janganlah aktifitas yang kita lakukan hanya sebuah rutinanitas, tapi lakukanlah itu semua dengan sebuah komitmen diri, untuk menjadi lebih baik dari waktu kewaktu.

Berharap sepenuhnya pada kekuasaan Tuhan

Perlu kita ingat bahwa kebahagiaan kita adalah tanggung jawab kita sendiri, bukan tanggung jawab keluarga teman atau siapapun. Janganlah kita berharap terlalu banyak pada orang lain, karena orang lain itu sesunggunya hanya pemicu dari kebahagiaan kita, tapi bukan penentu. Berharaplah sepenuhnya pada kekuasaan Tuhan, karena Tuhan tidak akan merubah nasib suatu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s