Upaya Membangun Epistemologi Pendidikan Islam


Pengaruh pendidikan barat terhadap pendidikan yang berkembang di hampir semua Negara ternyata sangat kuat. Pengaruh ini juga menembus pendidikan islam, sehingga sistem pendidikan islam mengalami banyak kelemahan, sehingga diperlukan berbagai upayan dalam berbagai dimensi untuk mewujudkan pendidikan islam yang ideal.

Epistemologi pendidikan isalam ini meliputi: pembahasan berkaitan dengan seluk belukpengetahuan pendidikan islam muali dari hakikat pendidikan islam, asal-usul pendidikan islam, sumber pendidikan islam, metode membangun pendidikan islam, unsure-unsur pendidikan islam, sasaran pendidikan islam macam-macam pendidikan islam dan sebagainya.

Epsitemologi pendidikan islam ini perlu perlu dirumuskan secara konseptual untuk menemukan syarat-syarat dalam mengetahui pendidikan berdasrkan ajaran-ajaran islam. Syarat-syarat itu merupakan kunci dalam memasuki wilayah pendidikan islam, tanpa menemukan syarat-syarat itu kita merasa kesulitan mengungkapkan hakikat pendidikan islam. Setalah syarat-syarat di temukan selanjutnya untuk dapat mengungkap “misteri pendidikan islam”adalah dengan menyiapkan segala sarana dan potensi yang dimiliki para ilmuwan dan pemikir, dalam kapasitasnya sebagai penggali khasanah dan temuan pendidikan islam. Dengan demikian epistemology pendidikan islam sangat berperan dalam membuka jalan bagi temuan-temuan khasanah pendidika islam yang dapat dirumuskan secara teoristis dan konseptual.

Daftar Pustaka:

Qomar, Mujamil. Epsitemologi Pendidikan islam Dari Metode Rasional Hingga Metode Klasik. Jakarta: Airlangga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s