Bimbingan belajar


Bimbingan belajar yang dilaksanakan di sekolah-sekolah merupakan salah satu bentuk layanan bimbingan yang sangat penting, karena dengan layanan bimbingan belajar tersebut diharapkan siswa dapat menguasai berbagai pengetahuan dan keterampilan untuk menyiapkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi.

Pengertian Bimbingan Belajar

Bimbingan belajar adalah salah satu bentuk bimbingan yang diselenggarakan di sekolah. Pengalaman menunjukan bahwa kegagalan-kegagalan yang dialami siswa dalam belajar tidak selalu disebabkan oleh kebodohan atau rendahnya intelegensi, seringkali kegagalan itu terjadi disebabkan mereka tidak mendapat layanan bimbingan yang memadai (Prayitno & Amti, 1994)

Ahli lain berpendapat Bimbingan belajar adalah bimbingan dalam hal menemukan cara belajar yang tepat, dalam memilih program studi sesuai,dan dalam mengatasi kesukaran kesukaran yang timbul berkaitan dengan tuntunan-tuntunan belajar disuatu institusi pendidikan (Sukardi, 2000)

Tujuan Bimbingan Belajar

Menurut Depdikbud (1995:9) tujuan bimbingan belajar sebagai berikut :

  • Pengembangan sikap dan kebiasaan belajar yang baik dalam mencari informasi dari berbagai sumber, dalam bersikap kepada guru dan staf yang terikat, mengerjakan tugas, dan mengembangkan keterampilan serta dalam menjalani program penilaian, perbaikan, dan pengayaan.
  • Menumbuhkan disiplin belajar dan berlatih, baik secara mandiri maupun berkelompok.
  • Mengembangkan penguasaan materi program belajar di SMP.
  • Mengembangkan pemahaman dan pemanfaatan kondisi fisik, sosial dan budaya di lingkungan sekolah atau alam sekitar untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan pengembangan pribadi.
  • Orientasi belajar di sekolah menengah, baik umum maupun kejuruan.

Fungsi Bimbingan Belajar

Dalam proses pembelajaran bimbingan mempunyai fungsi yang integral karena bimbingan tidak hanya berfungsi sebagai penunjang tetapi merupakan proses pengiring yang berkaitan dengan seluruh preoses pendidikan dan proses belajar mengajar “(Hendrarno, 1983: 42)

Adapun fungsi-fungsi bimbingan yang integral adalah seagai berikut:

  • Fungsi penyaluran yaitu fungsi bimbingan dalam membantu menyalurkan siswa-siswa dalam memilih program pendidikan yang ada di sekolah, memilih jurusan sekolah, memilih lapangan kerjasesuai dengan bakat, minat, cita-cita dan cirri kepribadiannya.
  • Fungsi penyesuaian yaitu fungsi bimbingan dalam membantu staf sekolah khususnya guru dalam mengadaptasikan program pengajaran dengan cirri khusus dan kebutuhanpribadi siswa.

Daftar Pustaka

Depdiknas. 1995. Seri Pemandu Pelaksanaan Bimbingan Konseling di SLTP. Jakarta: Dikdasmen.

Prayitno & Amti, Eraman. 1994. Dasar-dasar Bimbingan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi, Dewa ketut. 2000. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s