Kesehatan Mental


Pengertian Kesehatan Mental

Ilmu kesehatan mental merupakan salah satu cabang termuda dari ilmu jiwa yang tumbuh pada akhir abad ke-19 M dan sudah ada di Jerman sejak tahun 1875 M. pada abad kedua puluh, ilmu ini berkembang dengan pesat, sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan modern.

Menurut Zakiah Daradjat kesehatan mental adalah .terhindarnya orang dari gejala-gejala gangguan jiwa (neurose) dan dari gejala-gejala penyakit jiwa (psychose). Sedangkan menurut Sururin kesehatan mental adalah .kemampuan untuk menyesuaikan dirinya sendiri, dengan orang lain dan masyarakat serta lingkungan di mana ia hidup

Prinsip-prinsip Kesehatan Mental

Yang dimaksud dengan prinsip-prinsip kesehatan mental adalah dasar yang harus ditegakkan orang dalam dirinya untuk mendapatkan kesehatan mental yang baik serta terhindar dari gangguan kejiwaan. Prinsip-prinsip tersebut menurut Sururin adalah:

  • Gambaran dan sikap yang baik terhadap diri sendiri
  • Keterpaduan antara Integrasi diri
  • Perwujudan Diri (aktualisasi diri)
  • Berkemampuan menerima orang lain,
  • Berminat dalam tugas dan pekerjaan
  • Pengawasan Diri
  • Rasa benar dan Tanggung jawab

Penyakit-penyakit Mental dan Faktor-faktor Penyebabnya

Menurut Zakiah Daradjat, keabnormalan dapat dibagi atas dua golongan yaitu: gangguan jiwa (neurose) dan sakit jiwa (psychose). Namun ada perbedaan antara neurose dan psychose. Orang yang terkena neurose, masih bisa mengetahui dan merasakan kesukaran, sebaliknya yang kena psychose tidak.

Secara singkat macam-macam neurose tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

Neurasthenia

Penyakit Neurasthenia adalah penyakit payah. Orang yang diserang akan merasa antara lain: Seluruh badan letih, tidak bersemangat, lekas merasa payah, walupun sedikit tenaga yang dikelaurkan.

Histeria

Histeria terjadi akibat ketidak mampuan seseorang menghadapi kesukaran-kesukaran, tekanan perasaan, kegelisahan, kecemasan dan pertentangan batin.

Psychastenia

Psychastenia adalah semacam gangguan jiwa yang bersifat paksaan, yang berarti kurangnya kemampuan jiwa untuk tetap dalam keadaan integrasi yang normal.

Tanda-tanda Mental Sehat

Dari Word Health Organization (WHO) .Bagian Jiwa. telah menetapkan ciri-ciri Mental Health seseorang. Adapun ciri-ciri mental sehat tersebut adalah:

  • Adjustment (Penyesuaian diri).
  • Integrated Personality (Kepribadian utuh/kokoh).
  • Free of the Senses of Frustration, Confict, Anxiety, and Depression (Bebas dari rasa gagal, pertentangan batin, kecemasan dan tekanan).
  • Normatif, semua sikap dan tingkah laku yang dilahirkannya tidak ada yang lolos dari jaringan Niai/Adat/Agama/Peraturan/UU.
  • Responsibility (Bertanggung Jawab).
  • Maturity (Kematangan), terdapatnya kematangan dalam melakukan suatu sikap dan tingkah laku-tingkah laku itu dijalankan penuh pertimbangan.
  • Otonomi (Berdiri Sendiri), selalu bersifat mandiri atas segala tugastugas atau kewajiban yang menjadi bebannya, tanpa suka memikul bebannya kepada orang lain dalam kondisi yang tidak terpaksa.
  • Well Decision Making (Pengambil Keputusan yang Baik).

Daftar Pustaka

Daradjat, Zakiah. (1996).  Islam dan Kesehatan Mental. Jakarta: PT. Toko Gunung Agung,

Sururin. (2004). Ilmu Jiwa Agama.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Tumanggor, Rusmin. (2002).  Ilmu Jiwa Agama, Depok: Ulinnuha,

One thought on “Kesehatan Mental

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s