Pengajaran kooperatif


Pengajaran kooperatif (Cooperative Learning) merupakan pendekatan pengajaran yang berfokus pada penggunaan kelompok kecil siswa untuk bekerja sama dalam memaksimalkan kondisi belajar dalam mencapai tujuan belajar. Tujuan penting dari pengajaran kooperatif adalah untuk mengajarkan kepada siswa keterampilan kerjasama, (Nurhadi, 2004:112).

Pengajaran kooperatif adalah suatu sistem yang didalamnya terdapat elemen – elemen yang saling terkait, elemen tersebut adalah sebagai berikut :

Saling ketergantungan positif

Dalam pengajaran kooperatif, guru menciptakan suasana yang mendorong siswa merasa saling dibutuhkan.

Interaksi tatap muka

Interaksi tatap muka menurut siswa dalam kelompok dapat saling bertatap muka sehingga mereka dapat melakukan dialog, tidak hanya dengan guru tetapi juga dengan sesama siswa.

Akuntabilitas individual

Penilaian ditujukan untuk mengetahui sejauh mana siswa terhadap penguasaan materi pelajaran secara individual, penilaian kelompok didasarkan atas rata – rata penguasaan seluruh anggota kelompok secara individual.

Keterampilan menjalin hubungan antar pribadi

Keterampilan sosial yang bermanfaat dalam  menjalin hubungan antar pribadi (interpersonal relationship) tidak hanya diasumsikan tetapi dengan sengaja diajarkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s