kompetensi Guru


Dalam dunia pendidikan peran guru sangat penting untuk mencapau tujuan dari sebuah pendidikan. Meskipun guru bukan sentral dari semua proses pembelajaran, namun guru adalah mediator yang paling efektif untuk mentransfer sejumlah pengetahuan kepada perserta didik, supaya peserta didik mampu memahami potensi diri dan mengoptimalkannya. Dari hal tersebut tentunya perlu sebuah konsekuensi dari masing-masing guru, untuk memiliki kemampuan yang memadai untuk menjadi sorang pendidik yang kompeten. Jadi sayarat menjadi seorang guru, bukan hanya ditentukan oleh ijazah atau lisensi profesioanal yang Ia peroleh dari lembaga pendidikan.

Mengingat pentingnya peran seorang guru, maka ada beberapa komponen kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru. Dalam tulisan ini akan di sampaikan beberapa kompetensi guru, yang harus di miliki dalam melakukan proses belajar dan pembelajaran. Kompetensi-kompetensi tersebut antara lainsebagai berikut:

1.      Menguasai materi/bahan pelajaran

Menguasai bahan pelajaran adalah kewajiban dan tuntutan yang harus di penuhi oleh seorang guru. Dengan mamahami bahan ajar dengan baik, maka guru akan lebih mudah menyampaikan informasi tersebut kepada para siswa dan mampu mengembangkan sejumlah materi dengan keadaan yang nyata di alami oleh siswa. Mungkin masih banyak guru yang dalam mengajar selalau menggunakan teks book. Hal ini bukannya di larang tapi kalau selalau seperti ini, maka kredibilitas seorang guru, akan sediki berkurang di mata siswa. Untuk menghindari hal ini sebaiknya guru, mempelajari bahan ajar jauh-jauh hari sebelum melakukan proses pembelajaran, kalaupun kita harus menggnakan buku, itu hanya pada hal-hal tertentu saja.

2.      Mampu mengelola progam belajar mengajar

Mengelola program belajar mengajar di lakukan dari sebalum proses belajar mengajar di lakukan, proses belajar dan tahapan pra belajar. Pada tahap sebelum proses belajar mengajar seorang guru paling tidak harus mampu menyusun tujuan instruksional/pembelajaran, merencanakan proses pembelajaran (RPP,  Satlan). Kemudain pada tahap proses pembelajaran guru harus menyiapkan segala bahan materi, dan metode pembelajaran yang akan digunakan. Sedangkan pada tahap selanjutnya guru harus mampu menyusun alat evaluasi yang sudah disesuaikan dengan tujuan intruksional dan metode pembelajaran yang di gunakan. Ketiga hal tersebut sangat penting, karena ketiganya saling terkait satu sama lain.

3.      Mengelola keadaan kelas

Mengelola keadaan kelas di butuhkan kemampuan dan ketrampilan tersendiri dari masing-masing guru. Mengelola keadaan kelas di artikan bahwa guru harus mampu menciptakan keadaan yang kondusif dan inspiratif di dalam kelas. Hal yang terkait dengan ini adalah bagaiamana guru mengatur setting kelas, suasana, dan kemampuan melibatkan siswaa secara aktif di dalam kelas, mampu mengenali potensi siswa serta mengarahkannya secara tepat untuk tercapainya proses pembelajaran yang efektif.

4.      Mampu menggunakan media pembelajaran

Di zaman modern seperti sekarang ini, menuntut penyesuaian dalam segala hal supaya hasil yang di harapkan dari tindakan yang di lakukan sesuai dengan tuntutan zaman. Termasuk juga dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran ini bermacam-macam dari yang klasik sampai yang modern. Supaya mampu menggunakan media pembelajaran ini, sebaiknya seorang guru mampu memadukan secara baik penggunaan media pembelajaran klasik dan modern.

5.      Mampu melakukan administrasi sekolah

Administrasi sekolah sangatlah penting, karen hal itu sebagai bukti fisik atas apa yang sudah guru lakukan. Banyak manfaat yang bisa di dapatkan jika masing-masing guru mampu melakukan administrasi ini secara baik, selain bermanfaat untuk diri sendiri hal ini juga bermaanfaat bagi kredibilitas suatu sekolah tempat di mana seorang guru mengajar. Untuk dapat membuat administrasi yang baik, maka di perlukan proses belajar dan lain dan yang paling penting adalah komitmen dari masing-masing guru.

Kompetensi-kompetensi yang telah di sampaikan di atas, adalah kompotensi guru dalam proses belajar mengajar. Artinya masih banyak kompetensi-kompetensi lain yang juga harus di tingkatkan oleh guru seperti kompetensi, kompetensi professional, sosial dan kepribadian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s