Potensi Emosi


1.      Pengertian potensi Emosi/kecerdasan emosional

Menurut Dwi Sunar P (2010: 129) kecerdasan emosional atau yang biasa kita kenal dengan EQ adalah kemampuan seseorang untuk menerima, menilai dan mengelola, serta mengontrol emosi dirinya dan orang lain disekitarnya. Dalam hal ini emosi mengacu pada perasaan terhadap informasi akan suatu hubungan.

Kecerdasan emosional belakangan ini dinilai tidak kalah penting dengan kecerdasan intelektual. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kecerdasan emosioanl dua kali lebih penting dari pada kecerdasan intektual seseorang dalam memberikan kontribusi tehadap kesuksesan seseorang.

Daniel Goleman (dalam Dwi Sunar P, 2010: 14) menyatakan bahwa kontribusi IQ bagi keberhasilan seseorang hanya sekitar 20% dan sisanya yang 80% ditentukan oleh serumpun factor-faktor yang disebut kecerdasan emosional. Dari nama tehnis itu ada yang berpendapat bahwa kalau IQ mengangkut fungsi pikiran, EQ mengangkut fungsi perasaan. Orang yang ber-EQ tinggi akan berupaya menciptakan keseimbangan dalam dirinya dan bisa mengubah sesuatu yang buruk  menjadi sesuatu yang positif dan bermanfaat.

2.      Ciri-ciri potensi emosi/kecerdasan emosi yang berkembang

Kecerdasan emosi (EQ) menurut Daniel Golemen (dalam Dwi Sunar P, 2010: 161-162) meliputi lima dasar kecakapan emosi dan social berikut:

1)      Kesadaran diri: Mengetahui apa yang dirasakan dan menggunakannya untuk memandau pengambilan keputusan, realistis, percaya diri, yakin akan kemampuan yang dimiliki.

2)      Pengaturan diri: Mengelola emosi diri sedemikian rupa sehingga dapat bErman Amtifaat positif terhadap pelaksanaan tugas, peka tetapi bukan perasa, sanggup menahan gejolak hatisebelum tercapinya suatu sasaran, mampu bangkit dari kegagalan dan bertahan dari tekanan emosi.

3)      Motivasi: Memilki hasrat yang kuat dan menggerakkannya serta menuntun dirinya sendiri dalam menuju sasaran, inisiatif dan efektif dalam bertindak, tidak mudah putus asa (kecewa atau prustasi).

4)      Empati: Dapat merasakan apa yang dirasakan orang lain, dapat memahami perspektif mereka, menumbuhkan hubungan yang harmonis didasarkan atas saling percaya serta mampu beradaptasi terhadap lingkungannya.

5)      Ketrampilan social: Mampu mengendalikan emosi dengan baik dan berfikir jernih, baik ketika berhadapan dengan orang lain mampu cermat membaca situasi dan jaringan social, mampu berinteraksi dengan baik, mampu menggunakn ketrampilan-ketrampilan untuk mempengaruhi dan memimpin, menghormati pendapat orang lain, mampu menyelesaikan perselisihan, sanggup bekerjasama dan bekerja dalam tim.

3.      Hunbungan IQ + Kepribadian + EQ

Penambahan konsep EQ kedalam konsep kepribadian dan kecerdasan telah melengkapi cara pandang kita mengenai psikologi manusia. Sekarang para ahli kejiwaan mengetahui bahwa seseorang memiliki satu kepribadian, satu tingkatan IQ dan satu tingkatan EQ.

Kepribadian menggambarkan bagaimana seseorang tidak terpisahkan dengan kepribadiannya antara lain introvert atau extrivert atau berorientasi dengan pikiran atau perasaan. IQ, kepribadian dan EQ adalah adalah suatu hal yang berdiri sendiri tapi memilki korelasi satu sama lain. Orang-orang yang mempunyai kepribadian berorientasi dengan pikiran cenderung memiliki tingkat IQ yang lebih tinggi  tetapi memilki tingkat EQ yang lebih rendah dibanding dengan orang yang memiliki kepribadian berorientasi dengan perasaan.

2 thoughts on “Potensi Emosi

  1. terimakasih yang seikhlasnya saya ucapkan kepada abg yang mempunyai situs web ini !!
    jujur aku ngak mampu menjadi positip EQ slama ini,mungkin EQ ku cuma 10% dulunya. tapi insya alloh aku akan brusaha dengan arahan dan magsutannya abg biar kita semua benar benar tau akan arti kehidupan. sekali lagi aku berterimakasih,,..

    • Kita sama-sama belajar…jika ada kemauan untuk memperbaiki diri, Tuhan pasti akan menunjukkan jalan untuk kita. Semoga yang terbaik selalu menyertai kita semua

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s