Tiga Belas Strategi Yang Di Perlukan Kepala Sekolah Untuk Menghasilkan Perubahan


Kepala sekolah adalah leader dan motivator di dalam suatu sekolahan. Sebagai kepala sekolah di tuntut untuk mampu melaukan sebauah perubahan dan terobosan guna peningkatakan mutu dan kualitas sekolahan. Jika setiap sekolah memiliki mutu yang bagus, maka kualitas pendidikan yang di harapkan akan cepat terlaksana. Menurut Colvin dan Sprick (dalam Colvin, 2008) ada tiga belas strategi yang di perlukan kepala sekolah untuk menghasilkan perubahan, yang dapat diuraikan sebagai berikut:

  • Menjaga standar-standar
  • Menyatakan dukungan secara public
  • Membuat sebuah tim kepemimpinan
  • Mendukung para anggota tim
  • Membimbing proses pembuatan keputusan
  • Mengambil peran kepemimpinan dalam menyelesaikan masalah
  • Mendukung rapat tim
  • Memberi kredit para guru dan tim atas pekerjaan mereka
  • Berfungsi sebagai orang nomor satu dalam grup-grup terkait sekolah
  • Memantau aktifitas-aktifitas pelaksanaan dan memberi feedback
  • Secara teratur meninjau kembali data dan member feedback
  • Memastikan inovasi berjalan terus
  • Membuat jadwal

Daftar Pustaka

Colvin, Geoff. (2008). 7 langkah untuk menyusun rencana disiplin kelas proaktif. PT Indeks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s