Metode Pembelajaran Inkuiri


Pengertian Metode Pembelajaran Inkuiri

Uzer Usman (1993:124) mendefinisskan metode pembelajaran inkuiri adalah “suatu cara menyampaikan pelajaran dengan penelaahan sesuatu yang bersifat mencari secara kritis, analisis, dan argumentative (ilmiah) dengan menggunakan langkah-langkah tertentu menuju kesimpulan”. Sedangkan Sura (dalam Oemar Hamalik, 2001:219) “inkuiri atau penemuan adalah proses mental dimana siswa mengasimilasi suatu konsep atau prinsip, misalnya mengamati, menggolongkan, membuat dugaan, menjelaskan, mengukur, dan membuat kesimpulan dan sebagainya”.

Strategi pelaksanaan metode inkuiri

Menurut E. mulyasa (2006:235) strategi pelaksanaan metode inkuiri adalah sebagai berikut:

  1. Guru memberikan penjelasan, instruksi atau pertanyaan terhadap materi yang akan diajarkan
  2. Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membaca atau menjawab pertanyaan serta pekerjaan rumah.
  3. Guru memberikan penjelasan terhadap persoalan yang mungkin membingungkan peserta didik.
  4. Resitasi untuk menanamkan fakta-fakta yang telah mereka pelajari agar dapat dipahami.
  5. Guru memberikan penjelasan informasi sebagai pelengkap dan ilustrasi terhadap data yang telah disajikan.
  6. Mendiskusikan aplikasi dan melakukan sesuai dengan informasi tersebut.
  7. Merangkum dalam bentuk rumusan sebagai kesimpulan yang dapat dipertanggungjawabkan.

Daftar Pustaka

Hamalik, Oemar. 2001. Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung : Remaja Rosda Karya

Usman, Moh, Uzer. 1993. Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s