Strategi Belajar Aktif Teknik Index Card Match


Index Card Match merupakan salah satu teknik instruksional dari belajar aktif bagian reviewing strategies (strategi pengulangan) yang dapat membantu siswa mengingat apa yang telah mereka pelajari dan menguji kemampuan serta pengetahuan yang telah mereka terima. Silberman (2006) menyatakan bahwa salah satu cara yang pasti untuk membuat pelajaran tetap melekat dalam pikiran adalah dengan mengalokasikan waktu untuk meninjau kembali apa yang telah dipelajari. Materi yang telah dibahas oleh siswa cenderung lima kali lebih melekat di dalam pikiran daripada materi yang tidak dibahas.

Menurut Silberman (2006) presedur pembelajaran dengan menggunakan teknik Index Card Match (ICM) adalah:

  1. Pada kartu index terpisah, tulislah pertanyaan tentang apapun yang diajarkan dalam kelas. Buatlah kartu pertanyaan yang cukup untuk menyamai setengah jumlah siswa.
  2. Pada kartu terpisah, tulislah jawaban atas masing-masing pertanyaan itu.
  3. Campurkan dua kumpulan kartu dan kocok beberapa kali agar benar-benar tercampur.
  4. Berikan satu kartu untuk satu siswa, jelaskan bahwa ini merupakan latihan pencocokan, sebagian siswa mendapatkan pertanyaan tinjauan dan sebagian lain mendapatkan kartu jawabannya.
  5. Perintahkan siswa untuk mencari kartu pasangan mereka. Bila sudah terbentuk pasangan, perintahkan siswa yang berpasangan itu mencari tempat duduk bersama. (katakan kepada mereka untuk tidak mengungkapkan pada pasangan lain apa yang ada di kartu mereka).
  6. Bila semua pasangan yang cocok telah duduk bersama, perintahkan setiap pasangan untuk memberikan kuis kepada siswa yang lain dengan membacakan keras-keras pertanyaan mereka dan menantang siswa lain untuk memberikan jawabannya.

Menurut Zaini (2004) langkah-langkah pembelajaran ICM adalah :

  1. Membuat potongan-potongan kertas sebanyak siswa yang ada didalam kelas.
  2. Potongan-potongan kertas tersebut dibagi menjadi dua bagian yang sama.
  3. Pada setengah bagian, ditulis pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan, setiap kertas berisi satu pertanyaan yang telah ditandai dengan angka.
  4. Pada setengah kertas yang lain, ditulis jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang tadi dibuat yang telah ditandai dengan angka. Kemudian antara soal dan jawaban tersebut dicampur atau digabungkan.
  5. Siswa diminta agar berbaris ke depan kelas membentuk dua barisan.
  6. Setiap siswa diberi satu kertas, sehingga separoh siswa akan mendapat soal dan separoh lagi akan mendapatkan jawaban.
  7. Siswa diminta untuk menemukan pasangan mereka. Jika sudah ada yang menemukan pasangan, minta mereka duduk berdekatan.
  8. Pasangan kelompok akan diacak untuk membacakan dan menjawab pertanyaan mereka didepan kelas secara terperinci. Akhiri proses ini dengan membuat klarifikasi dan kesimpulan.
Iklan

5 thoughts on “Strategi Belajar Aktif Teknik Index Card Match

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s