Cara Cerdas Meringkas Buku


Meringkas atau mereview sebuah buka bisa dibilang sasah-susah gampang. Bagi yang sudah berpengalaman meriview buku bukablah pekerjaan yang sulit, tapi bagi pemula mungkin ini adalah pekerjaan yang tidak mudah. Bagi pemula biasanya akan bertanya-tanya “mana yang harus saya tulis, karena saya piker semuanya adalah penting”, sehingga tidak jarang mereka menulis semua apa yang ada di dalam buku. Kalau demikian berarti kita tidak meringkas melainkan menyalin.

Kegiatan meringkas ini dilakukan dengan berbagi tujuan, bisa karena tugas sekolah ataupun keinginan kita sendiri. Kalau untuk keperluan sendiri, kita mungkin bisa leb ih selekstif, tapi kalau ini adalah tugas maka, kita perlu cara uang jitu supaya, tugas yang kita kerjakan bisa selesai tepat waktu.

Untuk dapat meriview buku dengan baik, ada beberapa tips yang bisa dilakukan

Memahami isi atau gambaran umum sebuah buku

Untuk dapat melakukan review yang baik dari sebuah buku, maka pekerjaan pertama yang harus kita lakukan adalah memahami gambaran umum buku tersebut. Disini kita tidak harus membaca buku secara keseluruhan, karena itu akan membutuhkan waktu yang cukup lama.Kita bisa membaca synopsis dari sebuah buku, jika buku tersebut memang ada sinosisnya. Jika tidak kita bisa memahami pendahuluan atau kata pengantar yang ditulis oleh penulis, biasanya disini penulias menjelaskan secara umum tentang garis besar isi buku.

Memahami gambaran isi sub bab dalam buku

Setelah kita memahami gambaran umum buku, langkah selanjutnya kita melakukan kajian terhadap tiap bab yang ada dalam buku. Ada berapa bab buku tersebut, cara ini dilakukan untuk memahami keterkaitan antara bab satu dengan yang lain. Dengan begitu kita akan tau alur dari isi sebuah buku.

Melakukan pencatatan pada hal-hal yang dianggap penting

Kegiatan ini sangat penting karena kita jadikan acuan dalam meringkas sebuah buku. Jangan sampai kita melewatkan hal-hal penting . karena jika terlewat kita bisa kehilangan keterkaitan antara bab satu dengan yang lainnya. Catatan ini dibuat secara simple hingga memudahkan kita dalam memulai kegiatan meringkas

Mulai menulis dengan membuat dafar dari hasil catatan yang kita buat

Dari hasil catatan yang kita lakukan kita membuat semacam draf atau tabel untuk lelih memudahkan kita dalam bekerja. Tabel ini akan sangat membantu kita dalam menentukan alur dari isi sebuah buku

  1. Silahkan mulai meringkas

Setelah langkah demi langkah kita lakukan, maka hal yang dikerjakan terakhir mulailah meringkas, jangan tunggu besok-besok, luangkan waktu sehingga kegiatan tersebut tidak menggangu aktifitas kita yang lain.

One thought on “Cara Cerdas Meringkas Buku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s